Sabtu, 11 April 2015

Dasar Opening Catur

Permainan catur memiliki 3 babak yaitu Opening, Middle Game dan End Game. Opening catur adalah hal yang sangat mendasar dan perlu dipahami oleh setiap pemain catur, karena ada banyak varian opening, setiap insan catur dalam babak opening diharapkan memahami kelebihan dan kekurangan opening yang digunakan. karena hal ini akan berpengaruh dalam middle game dan end game Ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam opening catur yaitu :

Menguasai Petak Tengah
Pengembangan Perwira Kuda dan Gajah lalu Menteri
Castling untuk menghubungkan dua Benteng

3 dasar di atas terlihat sederhana akan tetapi pemain hebat sekalipun akan mudah dikalahkan jika tidak menerapkan 3 prinsip mendasar tersebut.


Menguasai Petak Tengah
Menguasai petak tengah berguna untuk mempersempit gerakan bidak lawan atau memberi support kepada Gajah atau Kuda untuk penetrasi pada pertahanan lawan. sebagai contoh adalah Robatsch Defense.


yang perlu diingat, bidak putih adalah menyerang karena mendapat jalan lebih pertama dan bidak hitam adalah betahan. Pada diagram di atas bidak putih telah menempatkan dua bidak pada petak tengah dan  memberi pengembangan kepada Gajah dan Kuda. Pada babak opening diharapkan jangan terlalu kaku dengan menerapkan semua teori - teori catur atau text book, akan tetapi menyesuaikan dengan ritme permainan, karena adakalanya dalam permainan catur terjadi hal - hal yang tidak dapat kita duga. Jika kita terlalu mengikuti seluruh varian opening bisa saja kita malah melakukkan blunder yang tentu saja lawan dapat mengalahkan kita dengan cepat.
Intinya dalam setiap opening selalu mencari titik kelemahan lawan yang terletak pada sisi Raja. Catur adalah bagaimana semua bidak berkoordinasi untuk melemahkan, mengancam dan mengalahkan posisi lawan. Posisi menyerang terbaik minimal menggunakan 3 Perwira (misalnya Menteri, Gajah dan Kuda) tidak ada istilah One Man Show (menggunakan Menteri, Gajah atau Kuda saja) karena dapat dipastikan serangan dapat dengan mudah dipatahkan atau bahkan malah menjadi Counter Attack yang mematikan. bahkan satu Pion sangat berarti karena Pion lah yang akan menjadi penentu kemenangan dalam End Game. Selain itu dalam opening kita juga harus menguasai taktik dasar seperti Pin, Fork dan Skewer, (akan lebih baik lagi jika kita bisa menerapkan taktik lain) karena pada awal permainan jika kita bisa menerapkan salah satu taktik di atas adalah nilai plus untuk permainan kita pada babak middle dan end game.

Pengembangan Gajah, Kuda dan Menteri
Pengembangan Perwira adalah hal kedua yang dilakukan pada babak opening, hal ini dimaksudkan untuk menyiapkan serangan pada titik lemah lawan. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam melakukan serangan adalah bagaimana pihak lawan mengantisipasi serangan tersebut, kita harus mencari serangan yang tidak dapat di counter oleh pihak lawan, misalnya dengan merusak struktur pion, mematikan langkah perwira lawan, membatasi pergerakan lawan dsb.
  

Pada lanjutan Opening di atas, 3 Perwira Putih sudah berada pada petak serang yang sangat bagus, dibandingkan dengan Perwira Hitam (petak hijau) yang bermain pasif. Dalam melakukan serangan yang harus diperhatikan adalah menciptakan kelemahan pada pihak lawan, kita sangat tidak diperbolehkan menunggu lawan melakukan blunder, walaupun pada dasarnya blunder lawan adalah hal bisa menunjang serangan kita. Hal yang tidak kalah penting adalah menetralkan serangan lawan atau buah lawan yang dapat melakukan serangan, seperti pada contoh kuda pada f6, atau gajah pada g4 yang melakukan pin pada menteri putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar